Selasa, 24 November 2015

Calon Kepala Daerah Harus Kesatria dan Siap Kalah



Pilkada langsung akan digelar sebentar lagi. Dalam dua pekan kedepan, serentak di seluruh Indonesia, even politik mini akan digelar untuk memilih calon pemimpin yang memegang mandat sebagai kepala daerah periode selanjutnya.


Haedar Nashir, Ketua Umum Pimpinan Pusat ( PP ) Muhammadiyah mengatakan bahwa pilkada serentak merupakan bagian dari proses demokrasi untuk memilih kepala daerah secara demokratis dan konstitusional. Maka dari itu, Beliau meminta agar para calon kepala daerah agar bersaing secara sehat dan menghindari terjadinya politik uang.

Selain itu, Haedar juga menyarankan agar para peserta Pilkada serentak ini bersifat kesatria dan siap kalah agar tidak menodai demokrasi positif yang diusung.
"Tidak juga memaksakan kehendak, tidak memecah belah persatuan bangsa, serta bersikap kesatria, siap menang dan siap kalah," ujar Haedar di kantor PP Muhammadiyah, Jakarta, pada Senin 23 November 2015.
Haedar Nashir, Muhammadiyah
(c) Liputan6

Pak Haedar juga mengingatkan agar selama masa kampanye, calon pasangan dan para pendukung bersikap santun dan tidak mengedepankan kampanye hitam. Khususnya karena kampanya hitam sepertinya semakin populer digunakan untuk meraih lebih banyak dukungan sekaligus untuk menjatuhkan calon politik lawan.

"Selama kampanye, hendaknya mengedepankan sosialisasi program secara edukatif, santun, tidak menebarkan kebencian kepada pihak lain, serta menjaga kebersihan lingkungan," jelas Haedar.

"Para penyelenggara pilkada hendaknya pun berlaku netral, amanah, objektif, adil, transparan, dan independen sehingga menghasilkan pemimpin daerah yang terbaik untuk kemajuan masyarakat, bangsa dan negara," kata Haedar sebagai penutup.

Retno Loragon

About Retno Loragon

Pilkada Langsung adalah blog yang membahas tentang dinamika politik terkini, pemilihan langsung, peristiwa daerah dan nasional. Semoga referensi yang kami berikan dapat memperkaya khasanah pengetahuan Anda. TErimakkasih

Subscribe to this Blog via Email :

Blog yang Anda kunjungi adalah Dofollow. Silahkan Berkomentar dengan baik.
NO SPAM/ NO SARA. Komentar tidak nyambung dan disisipi link hidup tidak akan ditampilkan ( Silahkan komentar dengan opsi Nama/URL untuk memperoleh Backlink ). Terimakasih.